Halaman

ARTIKEL WACANA KESEHATAN GIGI UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN PROFESIONALISME DAN PENDAYAGUNAAN TENAGA KESEHATAN YANG MERATA PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU


Untuk saat ini perawat gigi di Indonesia belum merata, jumlah perawat gigi di kota besar dan di daerah tidak seimbang . belum semua puskesmas mempunyai perawat gigi atau hanya mempunyai 1 perawat gigi yang mana kebutuhan masyarakat akan kesehatan gigi semakin banyak.

Sesuai permasalahan tersebut sebagai calon Sarjana Terapan dibidang Kesehatan Gigi  memiliki program pelatihan kader UKGM di desa masing masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pelatihan kader UKGM adalah kegiatan pelatihan kader posyandu tentang kesehatan gigi dan mulut untuk upaya pencegahan dan deteksi penyakit gigi dan mulut. Upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi.

Pelatihan kader UKGM diperlukan karena penyakit gigi dan mulut sangat mempengaruhi derajat kesehatan, proses tumbuh kembang dan masa depaan anak. Tingginya angka karies gigi dan rendahnya status kebersihan mulut merupakan permasalahan kesehatan gigi dan mulut yang sering dijumpaiUntuk pemerataan tenaga kesehatan, pelatihan kader UKGM juga sangat diperlukan dan diharapkan ada pada setiap Desa/Kelurahan di Indonesia.

Program Pelatihan kader UKGM :

·         1. Pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut

·         2. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut

·         3. Anatomi gigi

·         4. Pemeriksaan sederhana penyakit gigi dan mulut ( Simulasi KMGS dan KASIH )

·         5. Teknis dan mekanisme merujuk sederhana

·         6. Manajemen Usaha Kesehatan Gigi Masyarakat

  



0 komentar:

Posting Komentar